Jumat, 24 Agustus 2012

Duta Lingkungan Hidup


           HiLo Green Ambassador adalah kompetisi modeling untuk menjadi duta lingkungan yang nantinya bersama HiLo menginspirasi masyarakat dalam meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan. Audisi HiLo Green Ambassador diadakan di 6 kota: Yogyakarta, Bali, Surabaya, Bandung, Manado, Jakarta dengan karantina dan Grand Final yang disiarkan secara langsung di Trans 7 pada hari Minggu, 15 Juli 2012 pukul 21:30 WIB. HiLo akan memilih sepasang duta lingkungan (laki-laki dan perempuan) di akhir kompetisi.
HiLo sendiri berada dibawah Nutrifood. Nah, apa hubungannya HiLo dengan lingkungan alam? Ini karena produk HiLo berasal dari susu sapi, sapi sendiri membutuhkan rumput sebagai makanannya. Untuk itu HiLo erat kaitannya dan sangat konsen akan alam.
Saya Gresia Kristi, awalnya saya hanya iseng mengikuti pemilihan ini karena di pertengahan kuliah terasa sedikit jenuh sehingga saya mencari suatu kegiatan. Dan kebetulan ada pemilihan HGA (HiLo Green Ambassador) ini. Kriterianya cukup berat. Penilaian tidak hanya dilakukan dari penilaian badan, tetapi juga memiliki potensi menjadi public figure dan berkomitmen untuk bersama HiLo menginspirasi masyarakat luas untuk secara aktif mengambil bagian dalam usaha menjaga kelestarian lingkungan baik secara langsung maupun melalui social media seperti Facebook dan Twitter. Tapi saya tetap nekat untuk ikut.
Tiba hari H saat audisi, saya ikut audisi kota Jakarta pada 6 Mei 2012. Ada 3 tahap audisi saat itu meliputi sesi penilaian penampilan, catwalk, dan presenting skill. Dari 3 tahap itu Puji Tuhan saya lolos terus. Hingga terpilihlah 5 besar kategori perempuan audisi Jakarta yang sekaligus langsung menjadi semifinalis. Kemudian kami melakukan photo session dimana ini akan menjadi penilaian untuk memilih finalisnya. Betapa senangnya saya saat itu.
Saat menjadi semifinalis, kami mendapat tugas untuk mulai aktif di sosial media menyampaikan isu-isu lingkungan karena itu juga menjadi penilaian. Tanggal 22 Mei 2012 diumumkanlah siapa saja yang masuk menjadi Grand Finalis. Yang membuat semakin deg-degan adalah pengumumannya disampaikan lewat Twitter. Hingga akhirnya admin menuliskan nama saya terpilh menjadi Grand Finalis. Suatu kesempatan yang luar biasa. Karantina dimulai dari tanggal 7-15 Juli 2012. Persiapannya cukup panjang karena ada beberapa hal dan barang yang harus saya siapkan.
Karantina pun dimulai. Kegiatan pertama adalah make over. Selanjutnya kegiatan di karantina sangat padat. Ada kelas yang sangat menarik yang semuanya wajib kami ikuti. Kelas lingkungan, acting, modelling, presenting, sesi foto, berlabuh ke Pulau Belitung, dan persiapan untuk acara puncak Grand Final. 
Saya mendapatkan pengalaman yang sangat berharga dimana tidak semua orang bisa mendapatkan hal tersebut. Kelas-kelas yang diberikan juga sangat menambah pengetahuan saya baik di bidang lingkungan maupun bidang lain. Mata saya lebih dibukakan bahwa begitu krisisnya bumi kita akibat global warming. Selain itu saya mendapatkan keluarga baru, teman-teman HGA yang berasal dari luar kota/pulau dan juga panitia yang sangat ramah pada kami.
Pesan saya bagi kampus tercinta adalah terus dukung mahasiswa kita untuk berprestasi di bidang apapun. Masing-masing mahasiwa memiliki talenta berbeda. Bukan hanya akademis, tapi bidang lain juga harus dikembangkan. Saya berharap almamater kita semakin dikenal di kalangan masyarakat luas lewat prestasi-prestasi yang kita raih.
Saya memiliki harapan besar kepada setiap mahasiswa teman-teman Ukridian untuk lebih konsen dengan lingkungan. Karena masalah lingkungan bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah atau aktivis saja, tapi ini tanggung jawab kita semua. Kita bisa mulai dari hal kecil yaitu membawa tumbler saat ke kampus, kurangi pemakaian plastik dan styrofoam, dan membuang sampah di tempatnya. Kantin bisa menjadi tempat praktek pertama kita. Dari hal kecil jika dilakukan bersama dan terus menerus pasti akan membawa perubahan besar. Akan bangga kita, jika suatu hari kampus kita Ukrida bisa dijuluki Green Campus.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar